Kamera 48MP Redmi Note 7 Pakai Pixel Binning ?

  • Whatsapp
Pixel Binning Smartphone Redmi Note 7
Smartphone Redmi Note 7

Xiaomi baru saja meluncurkan Xiaomi Redmi Note 7 di Cina. Fitur paling mencolok dari ponsel ini adalah sensor kamera 48MP di bagian belakang. Ini menggunakan sensor Samsung GM1 48MP di bagian belakang bersama dengan kamera 5MP sekunder untuk foto potrait.

Berbicara tentang perangkat keras, Redmi Note 7 memakai chipset Snapdragon 660. Berdasarkan laman gadgetstouse.com, saat melihat fitur Snapdragon 660, chipset hanya mendukung kamera tunggal 25MP. Jadi, bagaimana Redmi Note 7 menggunakan kamera 48MP? Apakah itu palsu? Beri tahu kami kebenaran di balik sensor 48MP dan cara kerjanya.

Kamera Redmi Note 7 48MP

Redmi Note 7 menggunakan kamera belakang utama 48MP. Saat ini, kamera 48 megapiksel ditawarkan oleh Samsung GM1 dan sensor IMX586 Sony. Redmi Note 7 hadir dengan sensor Samsung GM1. Sensor Samsung adalah sensor 0,8μm-pixel yang sebenarnya merupakan sensor 12MP yang menghasilkan gambar 48MP dengan menggabungkan 4 piksel menjadi 1.

Jadi, bahkan jika gambar output dari Redmi Note 7 adalah 48MP, sebenarnya dari sensor 12MP. Sensor Samsung ISOCELL Bright GM1 menggunakan teknologi binning empat dalam piksel untuk membuat gambar 12MP menjadi gambar 48MP.

Apa itu Pixel Binning?

Pixel Binning pada dasarnya adalah proses implementasi tingkat ISP di mana 4 piksel menggabungkan informasi menjadi 1 piksel. Pada sensor Samsung GM1, pixel binning mengambil piksel dalam kisi 2 × 2 dan menggabungkannya menjadi satu.

Kamera 48MP Xiaomi Redmi Note 7 Gunakan Pixel Binning
Samsung-GM1-48MP-sensor

Jadi, informasi yang ditangkap oleh 4 pixel digabungkan menjadi satu piksel besar yang juga disebut Super Pixel. Data ini dikumpulkan oleh 4 piksel yang berdekatan bergabung menjadi satu “super pixel” dan ini disebut pixel binning. Namun, gambar yang dihasilkan dari binning 4-in-1 pixel ini memiliki resolusi efektif 4x dari resolusi sensor kamera.

Dengan demikian dengan menggabungkan data mentah dari empat piksel menjadi satu, gambar output memiliki resolusi lebih tinggi karena menangkap sejumlah besar cahaya dan juga mengurangi noise. Xiaomi menggunakan sensor ini dan mengklaim menawarkan gambar 48MP yang sebenarnya diambil dari sensor 12MP. Namun, gambar yang dihasilkan lebih cerah dan lebih sedikit noise setelah menggunakan pixel binning karena kombinasi data empat pixel menjadi satu.

sumber video : youtube gadgetstouse.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *