Google Chrome Tambah Perlindungan Drive By Download

  • Whatsapp
Google Chrome Tambah Perlindungan Drive By Download
zdnet.com

Para Insinyur Google telah mulai bekerja untuk menambahkan perlindungan unduhan drive by download di Chromium, mesin browser open source yang menjadi dasar pembuatan Chrome. Fitur ini sudah aktif di Chrome Canary saat ini dan dijadwalkan mendapat versi stabil di Chrome 73, dijadwalkan untuk rilis pada bulan Maret atau April mendatang.

Untuk diketahui, Drive by download adalah istilah yang digunakan dalam industri keamanan informasi untuk menggambarkan unduhan yang terjadi tanpa sepengetahuan pengguna. Ketika unduhan dipicu pada halaman web dari elemen iframe yang disembunyikan dalam kodenya, tipe unduhan tersebut hampir selalu berbahaya.

Ini biasanya terjadi ketika elemen iframe yang menampilkan iklan berisi kode berbahaya yang memicu unduhan drive by download atau ketika pengguna mengakses situs yang diretas dan peretas meninggalkan iframe tersembunyi untuk menginfeksi pengguna yang berkunjung.

Google bermaksud menambahkan perlindungan drive by download ke semua versi Chrome, kecuali yang disediakan untuk iOS, yang tidak didasarkan pada mesin Chromium, tetapi pada WebKit (mesin Safari), di mana jenis perlindungan ini belum didukung.

Browser seperti Internet Explorer dan Firefox telah memblokir drive by download selama bertahun-tahun, setidaknya sejak 2015. Karena ini adalah fitur keamanan yang cukup berguna, browser lain yang berbasis Chromium seperti Opera, Vivaldi, Brave, dan Microsoft Edge juga diharapkan menggunakan fitur ini.

Dalam jangka panjang, fitur ini diharapkan dapat menggagalkan beberapa kampanye malvertising kelompok kriminal yang menyembunyikan kode jahat di dalam iklan untuk meletakkan file yang disamarkan dengan malware di komputer pengguna.

Menurut statistik Chrome, Sekitar 0,002117 persen dari semua halaman yang dimuat di Chrome memicu drive by download.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *