Facebook Buat Asisten Berbasis AI untuk Melawan Pesaing

  • Whatsapp
Facebook Buat Asisten Berbasis AI untuk Melawan Pesaing
Facebook dan AI. sumber gambar : techcrunch.com

Dilaporkan bahwa Facebook sedang mengembangkan asisten digital berbasis pada teknologi kecerdasan buatan (AI). Diprediksi bahwa layanan Asisten Berbasis AI ini akan menjadi pesaing bagi asisten virtual Apple (Siri), Amazon (Alexa) dan Google (Google Assistant).

Facebook mengungkapkan bahwa pengembangan asisten digitalnya akan bekerja pada beberapa produk augmented reality dan realitas perusahaan. Proyek asisten suara digital ini telah dilakukan sejak 2018. Namun sayangnya, belum terungkap ketika AI diluncurkan.

“Kami sedang mengembangkan asisten suara virtual dan Asisten Berbasis AI yang akan beroperasi pada produk AR / VR keluarga kami, termasuk Portal, Oculus dan produk yang akan hadir,” kata juru bicara Facebook, menurut laman Reuters.

Menurut laporan CNBC, pengembangan teknologi ini melibatkan pemasok yang bekerja di bidang penyedia teknologi speaker pintar. Ini bukan pertama kalinya Facebook mencoba mengembangkan teknologi kecerdasan buatan untuk asisten virtual.

Sebelumnya, Facebook telah membuat Asisten Berbasis AI bernama virtual M yang dioperasikan di aplikasi pesan instan Messenger. Fungsi ini mirip dengan Asisten Google, kecuali bahwa kehadirannya tidak seterang asisten Google.

Pengguna tentu berharap bahwa penerapan teknologi baru dalam produk Facebook tidak akan membahayakan keamanan pribadi mereka, karena perusahaan media sosial sering berurusan dengan data privasi pengguna.

Pada kebocoran data terkait asisten digital, Amazon telah bereksperimen dengan Alexa. Semua perintah pengguna melalui asisten suara dapat didengar oleh ribuan karyawan Amazon. Perusahaan berpendapat bahwa analisisnya adalah untuk meningkatkan kecanggihan dari apa yang dibutuhkan pengguna.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *