Evolusi port USB di Smartphone

  • Whatsapp
Evolusi port USB di Smartphone

Ingat saat-saat ketika kita akan mengisi daya ponsel kita dengan konektor 2.5mm? Waktu telah banyak berubah sejak saat itu, dan perangkat elektronik telah beralih dari port melingkar ke port USB, menjadikan pengisian baterai dan transfer file lebih efisien daripada sebelumnya. Mari kita lihat sekilas evolusi port USB di smartphone.

Evolusi port USB di Smartphone

Read More

Mini USB

Mini USB pertama kali diperkenalkan pada tahun 2000 dan digunakan untuk menghubungkan tidak hanya perangkat mobile tetapi kebanyakan perangkat elektronik, yaitu MP3 player, kamera, dan PDA. Konektor Mini USB dilengkapi dengan 5 pin dan agak kecil dibandingkan dengan ukuran USB A. Salah satu ponsel flip Motorola, Moto Razr V3, memiliki port mini-USB.

Micro USB

Pertama kali diumumkan pada 2007, micro USB menjadi port standar untuk hampir semua perangkat smartphone yang lebih baru. Barang elektronik lainnya juga mengikuti, karena port penghubung micro USB jauh lebih kecil daripada Mini USB. Meskipun lebih kecil, micro USB mempertahankan kecepatan transfer tinggi 480Mbps. Hingga kini, masih ada sejumlah besar perangkat yang menggunakan port micro USB. Nokia 5310 adalah salah satu perangkat pertama yang memiliki port micro-USB.

Port USB Type C

Salah satu perkembangan terbaru dalam koneksi USB adalah USB Type C . Berbeda dengan tipe USB sebelumnya, Type C memiliki desain yang kecil dan ukuran yang sama dibagian atas dan bawah, artinya seseorang dapat mencolokkan kabel tanpa harus memperhatikan mana bagian atas dan bawah. Type C bisa digunakan di berbagai colokan USB, yaitu USB 3.1, USB 3.0, USB 2.0, dan USB 1.1. Spesifikasi untuk Tipe C diterbitkan kembali pada tahun 2014 tetapi baru-baru ini smartphone (dan perangkat lain) telah mengadaptasi port Type C. Tablet Nokia N1 adalah salah satu perangkat pertama yang dilengkapi dengan port Type C. Sedangkan untuk smartphone, LeEco Le 1 adalah yang pertama mengadopsi Type C.

USB4

USB4 adalah USB model terbaru. Ini beroperasi pada kabel Tipe C yang ada, dengan transfer data hingga 40 Gbps. Dengan diperkenalkannya USB4, kita dapat mengharapkan smartphone di masa depan untuk maju dan beradaptasi dengan teknologi baru ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *