10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah 2
lifeware.com

Cara Mengatasi Laptop Lemot – Secara bertahap dari waktu ke waktu atau tiba-tiba, laptop yang lemot bisa sangat menyebalkan. Bahkan jika Anda cukup rajin merawat laptop atau PC Anda, bisa saja karena sesuatu hal laptop menjadi lemot. Jika Anda mengalami masalah, di artikel ini akan diberikan tips cara mengatasi laptop lemot.

1. Tutup program baki sistem /system tray

Jika laptop Anda mulai lemot atau lambat, maka ada kemungkinan Anda memiliki terlalu banyak program untuk dimulai bersamaan dengan Windows itu sendiri. Item dalam baki sistem sering diluncurkan saat startup dan kemudian tetap berjalan saat Anda menggunakan komputer Anda.

Untuk mengakses item-item ini, klik gambar panah ke atas menuju sisi kanan bilah tugas Anda. Jika ada program yang tidak perlu Anda jalankan, klik kanan dan tutup.

2. Hentikan program yang berjalan saat startup

Mirip dengan program yang berjalan di baki, program lain yang secara otomatis dijalankan saat startup dapat membuat laptop lemot. Beberapa Anda mungkin benar-benar ingin menjalankan, seperti perangkat lunak antivirus, tetapi yang lain mungkin tidak perlu.

Klik kanan taskbar dan pilih Task Manager atau tekan Ctrl-Shift-Escape untuk memulai. Buka tab Startup dan Anda akan dapat melihat setiap item yang berjalan saat startup, beserta dampaknya.

Telusuri semua ini dan putuskan mana yang tidak perlu memulai secara otomatis. Proses ini sangat bermanfaat untuk kinerja jika Anda dapat menonaktifkan beberapa yang berdampak tinggi. Tetapi perhatikan bahwa beberapa dari program ini sangat penting bagi Windows untuk beroperasi. Misalnya, yang terdaftar dengan Microsoft sebagai penerbit mungkin sebaiknya dibiarkan. Jika Anda tidak yakin, tinggalkan saja, atau coba pencarian Google untuk mencari tahu lebih lanjut.

Untuk menonaktifkan, cukup klik kanan dan tekan Disable. Ingat, Anda tidak menonaktifkan program, hanya fakta bahwa program itu berjalan saat startup.

 

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah
purch.com

3. Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Memperbarui OS, driver, dan aplikasi Anda

Anda mungkin pernah mendengar bahwa memperbarui perangkat lunak Anda merupakan ide bagus untuk keamanan. Ini benar dan dapat membantu kinerja juga. Windows akan secara otomatis mengirimkan pemberitahuan ketika pembaruan tersedia. Anda hanya perlu memastikan Anda tidak terus menundanya.

Jika Anda merasa telah melewatkan pembaruan, Anda selalu dapat memeriksa. Pergi ke Start dan klik Setting atau ikon pengaturan. Lalu akses ke Updates & Security>Windows Updates.

Selain OS, driver dan aplikasi juga harus selalu diperbarui. Sekali lagi, ini bagus untuk keamanan dan kinerja. Jika Anda merasa telah melewatkan pembaruan, pencarian online cepat akan memberi tahu Anda versi mana yang harus Anda gunakan.

4. Hapus file yang tidak perlu

Sama seperti lemari dan laci, komputer bisa menjadi berantakan. Meskipun Anda tidak bisa melihatnya, itu bisa berdampak negatif pada kinerja laptop. Ini terutama benar jika Anda berurusan dengan banyak file besar, seperti gambar beresolusi tinggi, file audio, dan video, setiap hari.

Untuk mengatasi laptop lemot, kosongkan ruang dengan membiasakan menghapus file dan folder setiap minggu dan mengosongkan tempat sampah sesudahnya. Melakukan hal ini secara teratur berarti Anda akan lebih ingat apa yang ada di file dan folder dan tidak akan begitu khawatir tentang menghapus sesuatu yang penting secara salah.

Tip praktis: HDD biasanya berjalan pada kecepatan tinggi hingga mencapai sekitar 90% kapasitas. Jadi jika Anda memeriksa berapa banyak ruang yang digunakan dan Anda lebih dari 90%, itu mungkin yang memperlambat segalanya. SSD melambat saat terisi. Disarankan untuk tidak mengisi SSD hingga lebih dari 75% dari kapasitasnya.

5. Temukan program yang menghabiskan sumber daya

Jika Anda mendapati bahwa laptop menjadi sangat lemot, kemungkinan ada program khusus yang harus disalahkan. Salah satu cara untuk mengidentifikasinya adalah pergi ke Task Manager dan mencari tahu apa yang menghabiskan sumber daya.

Klik kanan bilah tugas dan pilih Task Manager. Klik More details untuk mengetahui informasi tentang program yang sedang berjalan di laptop.

Anda dapat mengklik setiap tampilan data untuk mengurutkan daftar menurut aplikasi mana yang paling banyak menggunakan sumber daya tertentu. Jika Anda perlu menutup sesuatu, coba tutup aplikasi yang sebenarnya terlebih dahulu. Jika tidak mau ditutup, kembali ke layar Task Manager, klik kanan aplikasi, dan tekan End task.

6. Sesuaikan opsi daya Anda

Windows hadir dengan beberapa ‘power plans’ yang telah ditentukan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Standarnya diatur ke Balanced, yang memperhitungkan kinerja akun dan konsumsi energi. Salah satu cara mengatasi laptop lemot bisa dengan mengubah pengaturan ini power option, berikut caranya : 

Buka Control Panel>Hardware and Sound>Power Options>Create a power plan.

7. Copot program yang tidak Anda gunakan

Jika Anda berpikir itu mungkin terjadi, maka Anda dapat dengan mudah menghapus program apa pun yang tidak Anda gunakan. Bahkan jika itu adalah program yang Anda gunakan sekarang dan lagi, jika itu sangat besar, mungkin perlu menginstal ulang setiap kali Anda perlu menggunakannya.

Untuk menghapus instalasi program, buka Control Panel>Programs>Programs and Features.

Pergi melalui program dan memutuskan yang mana tidak perlu. Jika Anda tidak yakin tentang program tertentu, Anda bisa menggunakan mesin pencari untuk mengetahui lebih lanjut. Atau, Anda juga dapat menggunakan alat seperti PC Decrapifier untuk membantu Anda membedakan yang baik dan yang buruk.

8. Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Windows

Saat berada di layar Program dan Feature, Anda mungkin ingin memeriksa untuk melihat apakah ada komponen Windows yang tidak Anda butuhkan. Klik Turn Windows features on or off dan akan terlihat daftar komponen ini. Anda harus berhati-hati agar tidak mematikan apa pun yang sebenarnya Anda butuhkan. Cara ini lumayan ampuh untuk mengatasi laptop lemot.

9. Jalankan pembersihan disk

Windows dilengkapi dengan alat bawaan untuk membersihkan sampah yang menumpuk dari waktu ke waktu. Untuk mengakses alat Pembersihan Disk, buka Control Panel> System and Security> Administrative Tools , dan pilih Disk Cleanup dari daftar. Di sini, Anda dapat memilih jenis file yang ingin Anda singkirkan dan klik OK . Kemudian klik Clean up system files dan pilih file sistem yang ingin dihapus.

10. Defragmentasi hard drive Anda

Seiring waktu, file di hard drive Anda menjadi terfragmentasi. Karena laptop sekarang harus memeriksa bagian-bagiannya untuk beberapa bagian, ia dapat berjalan lebih lambat. Istilah ‘defragment’ pada dasarnya berarti menyatukan kembali file-file tersebut sehingga sistem Anda dapat berjalan lebih efisien.

Untuk mengatasi laptop lemot, penting untuk dicatat bahwa Anda hanya perlu melakukan ini jika komputer Anda menggunakan Hard Disk Drive (HDD). Solid State Drive (SSD) bekerja secara berbeda dari HDD, dan tidak perlu defragmentasi. Jika Anda memiliki keduanya, defragment HDD saja.

Pergi ke My Computer dan klik kanan hard drive (secara default bernama WINDOWS (C : ) meskipun Anda mungkin telah menamainya). Lalu pergi ke Properties> Tools dan di bawah Optimize and defragment drive , klik Optimize.

Sekian informasi tentang Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah, semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *