6 Pengaturan Yang Harus Dioptimalkan Setelah Menginstal Windows 10

  • Whatsapp
6 Pengaturan Yang Harus Dioptimalkan Setelah Menginstal Windows 10

Menginstal Windows 10 tidak sulit. Setelah menginstal, sebagian besar dari kita menginstal semua driver dan perangkat lunak yang kita perlukan untuk menggunakan sistem setiap hari. Selain menginstal perangkat lunak, ada beberapa pengaturan Windows yang perlu Anda perhatikan dan kelola untuk pengalaman yang lebih baik. Berikut ini beberapa pengaturannya.

1. Aplikasi Default

Windows 10 menggunakan aplikasi sendiri sebagai aplikasi default untuk berbagai hal seperti browsing, email, musik, dll. Jika dibandingkan dengan aplikasi pihak ketiga seperti Chrome, Thunderbird, VLC, dll., aplikasi bawaan tidak begitu baik.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan setelah menginstal adalah mengatur aplikasi default secara manual. Ini menghilangkan kebutuhan untuk mengubah aplikasi default setiap kali aplikasi meminta Anda untuk memilihnya sebagai aplikasi default.

Untuk melakukan itu, buka aplikasi Pengaturan, dan akses ke “Apps -> Default Apps.” Di panel kanan, pilih aplikasi default baru di bawah setiap kategori. Jika Anda tidak melihat aplikasi favorit Anda, pastikan itu sudah diinstal sebelumnya.

2. Aplikasi Startup

Setelah menginstal Windows, kita perlu menginstal semua aplikasi yang kita butuhkan untuk penggunaan sehari-hari. Sebagian besar aplikasi menambahkan diri ke daftar startup saat pertama kali diinstal. Setelah ditambahkan, aplikasi ini akan secara otomatis memulai setelah Windows dihidupkan. Semakin banyak aplikasi yang ada dalam daftar startup, semakin lama waktu Windows agar bisa bekerja optimal setelah dihidupkan. Menonaktifkan aplikasi yang tidak Anda perlukan akan mengurangi waktu loading startup Windows 10.

Untuk menghapus aplikasi dari daftar startup, buka aplikasi Setting, buka halaman “Apps -> Startup” dan alihkan sakelar di sebelah aplikasi ke posisi Off.

3. Optimalisasi Pengiriman

Untuk membuat aplikasi dan pembaruan Windows mengunduh lebih cepat, Windows 10 menggunakan sesuatu yang disebut Pengiriman Optimasi atau Delivery Optimization. Dengan menggunakan fitur ini, Windows dapat mengunduh atau mengunggah pembaruan dari PC lokal dan yang tersambung ke Internet lainnya.

Windows secara otomatis memeriksa keaslian unduhan dan unggahan melalui Delivery Optimization sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang unduhan yang rusak. Jika Anda tidak menyukai cara ini, Anda dapat menonaktifkan fitur Delivery Optimization.

Untuk melakukan itu, buka aplikasi Pengaturan, buka halaman “Update and Security -> Delivery Optimization” dan alihkan sakelar di bawah “Allow Downloads from other PC” ke posisi Mati.

4. Temukan Perangkat Saya

Sama seperti ponsel, Windows 10 memiliki fitur pelacakan perangkat bawaan yang disebut “Find my Device.” Jika Anda menggunakan laptop, mengaktifkan fitur ini akan banyak membantu Anda saat dibutuhkan.

Untuk mengaktifkan fitur Find my Device, buka aplikasi Pengaturan, dan buka halaman “Update & Security -> Find my device“. Di panel kanan, klik tombol Ubah, lalu alihkan sakelar ke posisi Nyala.

5. Pencarian yang Disempurnakan

Di Windows 10 v1903, Microsoft memperkenalkan fitur baru yang disebut Enhanced Search Mode. Saat diaktifkan, Windows akan merayapi seluruh sistem Anda sehingga Anda dapat mencari dan membuka hampir semua file atau folder langsung dari menu Start.

Untuk mengaktifkan Mode Enhanced, buka aplikasi Pengaturan, dan akses ke halaman “Search -> Searching Windows“. Di halaman kanan, pilih opsi “Enhanced” di bawah bagian Find My Files. Jika Anda tidak ingin folder tertentu diindeks atau dirayapi, klik tombol “Add an excluded folder“, dan tambahkan folder tertentu.

6. Opsi Privasi

Setelah menginstal Windows 10, windows 10 memiliki bagian khusus untuk semua pengaturan privasi Anda. Setelah Anda menginstal Windows 10, lebih baik untuk memeriksa semua pengaturan privasi sehingga Anda tahu apa yang Anda bagikan dengan Microsoft.

Untuk mengelola pengaturan privasi, buka aplikasi Pengaturan dan buka bagian “Privacy“. Seluruh bagian dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu Izin Windows dan Izin Aplikasi. Telusuri setiap halaman dan tolak izin yang menurut Anda tidak perlu. Hampir semua pengaturan privasi menunjukkan penjelasan singkat tentang apa yang mereka lakukan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *