4 Cara Nonaktifkan Google AMP di Pencarian Google

  • Whatsapp
Cara Nonaktifkan Google AMP di Pencarian Google 2
Cara Nonaktifkan Google AMP di Pencarian Google. sumber gambar : kinsta.com

Cara Nonaktifkan Google AMP – Google AMP adalah cara Google untuk membuat halaman web yang dioptimalkan ditampilkan pada perangkat Android atau iPhone di hasil pencarian Google. AMP merupakan singkatan dari Accelerated Mobile Pages yang diluncurkan oleh Google pada Oktober 2015. Google AMP memuat lebih cepat hingga 10 kali lebih cepat dari situs web biasa sehingga menggunakan lebih sedikit data dan banyak perusahaan besar telah mengadopsi Google AMP selama setahun terakhir termasuk sistem manajemen konten raksasa, WordPress di antara publikasi terkenal lainnya.

Proyek ini mengandalkan AMP HTML, frame work terbuka baru yang seluruhnya dibangun dari teknologi web yang ada dan memungkinkan situs web untuk membangun halaman web yang ringan. Format baru ini dirancang untuk memberikan penerbit konten solusi mudah untuk menyampaikan berita dan informasi kepada pembaca yang mengakses situs mereka melalui smartphone.

Salah satu alasan mengapa Google AMP harus di nonaktifkan karena Google AMP meningkatkan kerja ekstra untuk seorang blogger. Tidak semua blogger mengerti teknologi yang mana harus memeriksa setiap halaman web. Kadang ditemukan frame YouTube tidak berfungsi di postingan, tidak ada formulir komentar, bahkan beberapa kode HTML tidak berfungsi di kotak penulis, dll. Dan berdasarkan informasi yang beredar, AMP bukan merupakan faktor peringkat untuk SERP seluler.

Cara Nonaktifkan Google AMP di Pencarian Google
Cara Nonaktifkan Google AMP di Pencarian Google. searchengineland.com

 

Cara Nonaktifkan Google AMP di Pencarian Google

Klik di Judul Artikel

Untuk beberapa situs cukup klik pada judul artikel yang Anda coba baca untuk memberikan Anda tautan langsung ke halaman yang sudah Anda kunjungi. Mengklik informasi utama akan mengarahkan ke halaman web normal yang Anda coba akses. Pintasan lain adalah mengklik ikon i yang berada di dalam lingkaran di sebelah kiri tepat di bawah URL Google AMP. Mengkliknya akan menampilkan tautan asli yang dapat Anda klik untuk diarahkan ke artikel yang Anda baca.

Cara Nonaktifkan Google AMP dengan menggunakan mesin pencari yang berbeda

Mesin pencari Google akan memprioritaskan halaman AMP tidak seperti mesin pencari lainnya seperti Bing atau DuckDuckGo yang merupakan mesin pencari yang berfokus pada privasi. Menggunakan salah satunya akan menampilkan versi seluler suatu situs tanpa membuka versi AMP terlebih dahulu. Anda juga dapat mengatur sebagai halaman awal default sehingga setiap kali Anda membuka aplikasi Chrome, bing.com atau duckduckgo.com adalah halaman awal sesuai pilihan anda. Untuk mengganti halaman awal default yaitu dengan mengeklik tiga titik di kanan dan akses Setelan> Mesin telusur> pilih salah satunya.

Potong URL secara manual

Ini yang sulit. Saat halaman web AMP dimuat, klik URL dan pangkas dengan mengedit URL di bilah browser Anda. Anda dapat menghapus “platform/amp/” di tengah atau “www.google.com/amp/s/” dan “cdn.ampproject.org” sebelum URL biasa atau “?Amp=1” yang ditemukan di akhir url. Setelah menghapus ini dan kemudian klik pada URL hasil potong tadi untuk pergi ke situs non-AMP biasa atau menyalin tautan untuk dibagikan di media sosial.

Menggunakan aplikasi DeAMPify

DeAMPify adalah aplikasi gratis dan ringan yang bisa ditemukan di Google Play Store dan dengan aplikasi ini, cara nonaktifkan Google AMP menjadi sangat mudah dan beroperasi sebagai agen pengguna peramban desktop. Ketika pada halaman pencarian dan Anda menemukan tautan AMP, klik dan tahan pada tautan tersebut dan kemudian beberapa opsi akan muncul termasuk berbagi tautan, pilih aplikasi DeAMPify untuk membuka tautan.

Aplikasi ini juga berfungsi jika Anda sudah membuka versi AMP dari artikel, cukup klik tiga tombol di kiri atas di tab browser dan gulir ke ikon berbagi, aplikasi akan muncul dan klik, maka akan membuka versi reguler artikel.

Saat Anda mengeklik tautan AMP di platform lain seperti seseorang yang membagikan tautan, mengekliknya akan memberikan opsi untuk memilih ap apa yang akan digunakan dan jika Anda memilih DeAMPify, itu akan terbuka di Chrome tanpa elemen AMP.

Download DeAMPify :

DeAMPify
DeAMPify
Developer: joaomgcd
Price: Free+

Sebenarnya tidak ada cara nonaktifkan Google AMP selama Anda menggunakan ponsel. Salah satu cara utama adalah menggunakan opsi situs desktop sebelum mencari untuk mendapatkan halaman web biasa atau menggunakan aplikasi DeAMPify.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *