22 Juta Password Bocor, Ancam Privasi Pengguna

  • Whatsapp
22 Juta Password Bocor, Ancam Privasi Pengguna
adweek.com

Lebih dari 87GB file yang berisikan e-maildan kata kunci sudah terekspos melaluisebuah folder bernama “Collection #1” oleh sejumlah hacker.

Dikabarkan Mashable pada Jumat (18/1/2019) sebagaimana dirinci oleh peneliti keamanan siber Troy Hunt, password bocor yang berisi ‘harta karun’ hampir 22 juta kata sandi unik dan lebih dari 772 juta e-mail ini disimpan di layanan penyimpanan cloud MEGA.

Bahayanya, link yang mengacu ke jalan masuk file tersebut sudah dipublikasikan di forum peretas.

Hunt membeberkan cache e-mail dan kata sandi diduga sudah disusun dari sejumlah peretasan data dari ribuan sumber yang dikumpulkan semenjak tahun 2008.

“Seperti kebanyakan dari kalian yang membaca ini, aku pernah mengalami beberapa kali peretasan data yang sebelumnya mengakibatkan e-maildan kata sandi bocor di publik,” tulis Hunt.

22 Juta Password Bocor, Ancam Privasi Pengguna 2

Hunt sudah memasukkan e-mail dan kata sandi ke dalam situsnya, haveibeenpwned.com yang memungkinkan seseorang untuk diberitahu saat e-mail mereka sudah diretas atau memeriksa apakah kata sandi jika sudah terekspos.

Sesudah selesai memeriksa, lebih baik bagusnya cari pengelola kata sandi dan simpan di sana. Pilihannya, catat kata sandi yang susah diingat di buku catatan.

“Ini mungkin bertentangan dengan pemikiran tradisional, tapi menuliskan kata sandi di sebuah buku dan menaruhnya di dalam rumah, lebih aman, daripada menempatkannya di suatu website,” tambah Hunt.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *