9 Tips Mengurangi Radiasi Ponsel

  • Whatsapp
Radiasi Ponsel

Tips Mengurangi Radiasi Ponsel – Selain kegunaannya yang bermanfaat, ternyata ponsel juga memiliki sisi negatif terhadap kesehatan. Ponsel memiliki gelombang elektromagnetik yang dipancarkan, sejenis radiasi non-ion tetapi memiliki level rendah. Level rendah masih dalam batas aman, yaitu di bawah 1,6 watt / kg.

Meski dinyatakan aman, tetapi jika digunakan terus menerus tanpa batas waktu, radiasi yang dipancarkan akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Berikut 9 Tips Mengurangi Radiasi Ponsel.

Jangan Terlalu lama berbicara di Ponsel yang diletakkan di telinga

Saat berbicara di ponsel Anda, lebih baik posisikan ponsel sejauh mungkin dari tubuh Anda. Gunakan mode speakerphone atau headset kabel airtube (bukan headset nirkabel).

Hindari Menggunakan Ponsel Anda Ketika Sinyal Lemah

Ketika bergerak dengan kecepatan tinggi, seperti di dalam kendaraan (mobil, bus, kereta api), daya secara otomatis meningkat untuk memancarkan jumlah radiasi maksimum karena telepon berulang kali mencoba untuk terhubung ke setiap antena jaringan terdekat.

Hindari Membawa Ponsel di dekat Tubuh Anda Setiap Saat

Jangan membawa ponsel di saku. Ponsel memancarkan radiasi terus-menerus, bahkan ketika Anda tidak menggunakannya secara aktif.

Anak-Anak Hanya Boleh Menggunakan Ponsel Untuk Keadaan Darurat

Tengkorak anak-anak lebih tipis daripada tengkorak orang dewasa dan otak mereka masih berkembang. Oleh karena itu, radiasi dari ponsel menembus lebih dalam ke otak mereka dan cenderung menyebabkan lebih banyak kerusakan.

Jangan Tidur Dengan Ponsel yang Dihidupkan

Penelitian menunjukkan bahwa tidur terganggu oleh radiasi ponsel. Cukup setel ponsel ke mode “pesawat” yang akan menghentikan emisi medan elektromagnetik nirkabel.

Hindari Menggunakan Ponsel Anda Di Dalam Ruang Yang Dikelilingi Logam

Lingkungan dengan banyak logam memantulkan gelombang seperti di dalam kendaraan, seringkali meningkatkan paparan radiasi Anda. Penggunaan secara pasif tetap bisa mengenai orang lain di dekat Anda (anak-anak, wanita hamil, dan orang dewasa lainnya) terdampak radiasi elektromagnetik ponsel, dan paparan mereka meningkat ketika berada di dalam tempat yang banyak logam tersebut.

Meminimalkan Waktu Bicara Dan Memilih Untuk Berkomunikasi Melalui Pesan Teks

Gunakan ponsel hanya untuk berbicara beberapa menit saja, atau untuk lebih amannya gunakan headset jika ingin berbicara lebih lama. Jika lebih penting, gunakan perpesanan seperti WhatsApp atau lainnya.

Lindungi Kesuburan Anda

Radiasi ini belum terbukti 100% bisa merusak sperma dan ovarium. Tapi untuk berjaga-jaga, lebih baik letakkan ponsel di dalam tas atau yang tidak terlalu dekat dengan tubuh.

Baca Manual Ponsel Anda

Untuk menemukan jarak minimum, pemerintah federal merekomendasikan agar ponsel Anda harus berada jauh dari tubuh Anda. Menjaga jaraknya lebih dekat dari jarak yang ditentukan dapat mengakibatkan pelanggaran Batas Paparan FCC. Melebihi level FCC terbukti menyebabkan luka bakar, sterilitas, dan kerusakan otak.

Anda juga bisa membaca artikel tentang cara mengecek nilai SAR Smartphone untuk informasi lebih detail tingkat radiasinya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *